🚀Adjustment Group Promo Strata/Bertingkat dan Promo dengan Kuantitas Unit Produk Berbeda - 07 Sept 23
Halo Kawan Simpli!
Ada kabar gembira untukmu! Kini, kamu bisa membuat promo strata dengan menggabungkan dua (2) jenis promo strata berbeda pada satu atau lebih jenis produk yang sama serta promo yang memiliki nama unit sama namun beda konversi.
What's New?
Terdapat penanda pada promo jika dalam promo tersebut merupakan satu group dengan promo strata lain sehingga user dapat mengetahui apakah promo tersebut berkaitan satu sama lain.
Terdapat pembaharuan pada produk dengan nama unit yang sama namun berbeda jumlah kuantitas.
Group Promo Strata/Bertingkat
Promo strata merupakan promo yang terdapat level atau tingkat bonus jika dalam pembelian jenjang tertentu.
Contoh promo strata:
Pembelian 1-10 Krt mendapat diskon 5%,
Pembelian 11-30 Krt mendapat diskon 8%,
Pembelian 31-50 Krt mendapat diskon 10%
Dst
Sebelumnya, Promo Scheme pada DMS hanya dapat mengcover 1 jenis strata promo dalam 1 produk yang sama. Namun, saat ini user dapat menggabungkan 2 atau lebih jenis strata promo dalam 1 produk yang sama.
How to Use?
Jika user telah membuat promo scheme dengan level strata pada kolom priority, maka pada bagian Description di Promo Scheme tersebut user harus menambahkan setting seperti berikut : [Group: Nama_Promo_Strata_Group]
Contoh : [Group: Strata A]
Note: Harus ada tanda kurung siku ([ ]) dan nama Group.
Contoh Kasus:
Sabun Cair 50ml memiliki 2 jenis promo strata, yaitu Strata A dan Strata B dengan kriteria berikut:
Dalam konteks pengaturan promo di atas, salah satu ekspektasi hasil yang diperoleh sebagai berikut:
Beli Sabun Cair 50ml 5 KRT akan mendapat promo Strata A prioritas 3 dan Strata B prioritas 3
Strata A : Beli 1-10 Krt mendapat diskon 2%, prioritas 3
Strata A : Beli 11-30 Krt mendapat diskon 3%, prioritas 2
Strata A : Beli 31-50 Krt mendapat diskon 5%, prioritas 1
Promo dengan Kuantitas Unit Produk Berbeda
Promo beda kuantitas unit produk merupakan promo yang terdapat produk dengan nama unit yang sama namun jumlah kuantitasnya berbeda.
Contoh:
Konsep Perhitungan :
Untuk saat ini apabila terdapat produk-produk di dalam satu promo yang memiliki nama unit yang sama tetapi jumlah konversi kuantitas yang berbeda, sistem akan mengambil promo dengan kriteria promo yang dikonversi ke unit konversi terbesar. Contoh produk Sabun Cair 50ml memiliki konversi 1/10 (Pcs/Krt) dan Minuman Enak 1/12 (Pcs/Krt). Maka, konversi terbesar yang menjadi acuan konversi ke kriteria promon adalah Produk Minuman Enak dengan konversi 1/12 (Pcs/Krt) karena produk tersebut yang memiliki konversi terbesar yaitu 12 Pcs.
Pada gambar di atas, kriteria pembelian unit "Krt" dengan minimal pembeliannya 75 Krt dan batas pembeliannya 149 Krt.
Secara sistem, batas pembeliannya akan dikonversi ke unit dasar atau unit terkecil. Sedangkan 2 produk di atas memiliki konversi yang berbeda sehingga sistem akan mengambil salah satu produk dengan konversi kuantitas terbesar yaitu Minuman Enak.
Sehingga, batas pembeliannya adalah = 149 Krt * 12 Pcs = 1.788 Pcs.
Questions???
Pertanyaan 1: Kenapa konversi tidak dari unit produk yang terkecil? Jawab: Karena jika dikonversi ke produk unit yang paling kecil, akan menimbulkan beberapa item tidak mendapat promo yang seharusnya dapat promo. Karena promo yang diperoleh bergantung pada batas limit kriteria promonya. Sehingga yang paling sesuai di-applied dari produk yang unit konversi kuantitasnya paling besar.
Pertanyaan 2: Dari produk Minuman Enak memiliki konversi 1/12 (Pcs/Krt) dan produk Sabun Cair memiliki konversi 1/10 (Pcs/Krt). Jika kriteria promonya diganti dengan unit “Pcs” produk dengan unit konversi mana yang akan diambil? Jawab: Untuk saat ini akan tetap mengambil produk konversi dari Minuman Enak karena memiliki unit konersi terbesar yaitu 12 Pcs.
Last updated