Feature Updates Distribution Management System
  • DMS (Distribution Management System)
    • 💻Backoffice
      • 🔥Improvement pada Backoffice DMS - [05 Mei 2025]
      • 🔥Updates pada Backoffice DMS - [09 April 2025]
      • 🔥Pembaharuan pada Fitur Konfirmasi Delivery Summary (DS) - [10 April 2025]
      • 🔥Peningkatan Fitur pada Backoffice & SFA DMS - [March 2025]
      • 🔥Penambahan Nama Tenant pada Aplikasi Retail & Update Template Master Data Product - [11 Mar 2025]
      • 🚀Penambahan Fitur pada Promo Scheme
      • 🚀Perbaikan Kendala pada Backoffice - [January 2025]
      • 🚀Update Mengenai Coretax Format XML PPN 12% - [Phase 2]
      • 🆕Update Mengenai Coretax Format XML PPN 11% - [Phase 1]
      • 🆕Update Mengenai PPN 12%
      • 🚀Pembaharuan Fitur pada Backoffice DMS - [December 2024]
      • 🚀Pembaharuan Fitur pada DMS - [November 2024]
      • 🚀Pembaharuan Report Customer Payment - [07 Nov 2024]
      • 🚀Penambahan Fitur Ekspor Sales Invoice & Invoice by Supplier pada BI - [05 Nov 2024]
      • 🚀Penambahan dan Pembaharuan Fitur pada Backoffice [Oktober 2024]
      • 🚀Penambahan dan Pembaharuan Fitur pada Backoffice dan SFA - [September 2024]
      • 🚀Penambahan Fitur Input Asset melalui Impor Excel dan Perbaikan Lainnya - [09 Sept 2024]
      • 🚀Penambahan dan Pembaharuan Fitur pada Backoffice DMS - [Agustus 2024]
      • 🚀Penambahan Filter Status dan Kuota pada Promo Scheme List - [20 Agustus 2024]
      • 🚀Penambahan Kolom Waktu "Created At" pada Export Customer dan Perbaikan Kendala- [3-6 Aug 2024]
      • 🚀Penambahan Referensi Order Return pada Sales Order dan Collector pada Customer Payment - [29 Jul 24]
      • 🚀Penambahan Filter Area pada Generate Deliveries & Create DS (Delivery Summary) - [10 July 2024]
      • 🚀Penambahan Delivery Recap Matrix Report pada Delivery Summary (DS) - [14 Jun 2024]
      • 🚀Penambahan Plafon pada Fitur AR Balance atau Saldo Piutang - [14 Jun 2024]
      • 🚀Penambahan Fitur Show Print Records pada Sales Invoice - [12 Jun 2024]
      • 🚀Pembaharuan pada Menu Stock di Aplikasi Supervision - [24 May 2024]
      • 🚀Pembaharuan Prefix atau Awalan pada Bank Deposit dan Transaksi Lainnya - [13 May 2024]
      • 🚀Pembaharuan Aplikasi SFA Versi 2.11.0 dengan Fitur Maksimal 5 Foto Kunjungan dan Lainnya - 11 May 24
      • 🚀Penambahan Log Aktivitas Print - [16 April 2024]
      • 🚀Adjustment pada Account Receivable - [16 Feb 2024]
      • 🚀Pembaharuan Aplikasi SFA DMS Versi 2.10.0
      • 🚀Adjustment Pada UnVisited Detail Customer - [02 Nov 2023]
      • 🚀Adjustment Group Promo Strata/Bertingkat dan Promo dengan Kuantitas Unit Produk Berbeda - 07 Sept 23
      • 🚀Penambahan Fitur Stock Card Report dan Stock List Filter Improvement - [14 Aug 2023]
  • SFA (Sales Force Automation)
    • 📱SFA
      • 🔥Pembaharuan Aplikasi SFA versi 2.12.2 - [18 February 2025]
      • 🔥Pembaharuan Aplikasi SFA Versi 2.12.0
Powered by GitBook
On this page
  • Group Promo Strata/Bertingkat
  • How to Use?
  • Contoh Kasus:
  • Promo dengan Kuantitas Unit Produk Berbeda
  1. DMS (Distribution Management System)
  2. Backoffice

Adjustment Group Promo Strata/Bertingkat dan Promo dengan Kuantitas Unit Produk Berbeda - 07 Sept 23

PreviousAdjustment Pada UnVisited Detail Customer - [02 Nov 2023]NextPenambahan Fitur Stock Card Report dan Stock List Filter Improvement - [14 Aug 2023]

Last updated 9 months ago

Halo Kawan Simpli!

Ada kabar gembira untukmu! Kini, kamu bisa membuat promo strata dengan menggabungkan dua (2) jenis promo strata berbeda pada satu atau lebih jenis produk yang sama serta promo yang memiliki nama unit sama namun beda konversi.

What's New?

  • Terdapat penanda pada promo jika dalam promo tersebut merupakan satu group dengan promo strata lain sehingga user dapat mengetahui apakah promo tersebut berkaitan satu sama lain.

  • Terdapat pembaharuan pada produk dengan nama unit yang sama namun berbeda jumlah kuantitas.

Group Promo Strata/Bertingkat

Promo strata merupakan promo yang terdapat level atau tingkat bonus jika dalam pembelian jenjang tertentu.

Contoh promo strata:

  • Pembelian 1-10 Krt mendapat diskon 5%,

  • Pembelian 11-30 Krt mendapat diskon 8%,

  • Pembelian 31-50 Krt mendapat diskon 10%

  • Dst

Sebelumnya, Promo Scheme pada DMS hanya dapat mengcover 1 jenis strata promo dalam 1 produk yang sama. Namun, saat ini user dapat menggabungkan 2 atau lebih jenis strata promo dalam 1 produk yang sama.

How to Use?

Jika user telah membuat promo scheme dengan level strata pada kolom priority, maka pada bagian Description di Promo Scheme tersebut user harus menambahkan setting seperti berikut : [Group: Nama_Promo_Strata_Group]

Contoh : [Group: Strata A]

Note: Harus ada tanda kurung siku ([ ]) dan nama Group.

Contoh Kasus:

Sabun Cair 50ml memiliki 2 jenis promo strata, yaitu Strata A dan Strata B dengan kriteria berikut:

Dalam konteks pengaturan promo di atas, salah satu ekspektasi hasil yang diperoleh sebagai berikut:

Beli Sabun Cair 50ml 5 KRT akan mendapat promo Strata A prioritas 3 dan Strata B prioritas 3

  • Strata A : Beli 1-10 Krt mendapat diskon 2%, prioritas 3

  • Strata A : Beli 11-30 Krt mendapat diskon 3%, prioritas 2

  • Strata A : Beli 31-50 Krt mendapat diskon 5%, prioritas 1

  • Strata B : Beli 500 ribu -1 juta mendapat diskon 10 %, prioritas 3

  • Strata B : Beli 1,1 juta -2 juta mendapat diskon 15%, prioritas 2

  • Strata B : Beli 2,1 juta - 5 juta mendapat diskon 20%, prioritas 1

Dalam konteks pengaturan promo di samping, salah satu ekspektasi hasil yang diperoleh sebagai berikut:

Beli Sabun Cair 50ml 5 KRT akan mendapat promo Strata A prioritas 3 dan Strata B prioritas 3 yaitu 2% + 10%.

Hasil Promo :


Promo dengan Kuantitas Unit Produk Berbeda

Promo beda kuantitas unit produk merupakan promo yang terdapat produk dengan nama unit yang sama namun jumlah kuantitasnya berbeda.

Contoh:

Sabun Cair 50ml memiliki jumlah kuantitas unit berikut:

  • Pcs = 1 pcs

Minuman Enak memiliki jumlah kuantitas unit berikut:

  • Pcs = 1 pcs

Konsep Perhitungan :

Untuk saat ini apabila terdapat produk-produk di dalam satu promo yang memiliki nama unit yang sama tetapi jumlah konversi kuantitas yang berbeda, sistem akan mengambil promo dengan kriteria promo yang dikonversi ke unit konversi terbesar. Contoh produk Sabun Cair 50ml memiliki konversi 1/10 (Pcs/Krt) dan Minuman Enak 1/12 (Pcs/Krt). Maka, konversi terbesar yang menjadi acuan konversi ke kriteria promon adalah Produk Minuman Enak dengan konversi 1/12 (Pcs/Krt) karena produk tersebut yang memiliki konversi terbesar yaitu 12 Pcs.

Pada gambar di atas, kriteria pembelian unit "Krt" dengan minimal pembeliannya 75 Krt dan batas pembeliannya 149 Krt.

Secara sistem, batas pembeliannya akan dikonversi ke unit dasar atau unit terkecil. Sedangkan 2 produk di atas memiliki konversi yang berbeda sehingga sistem akan mengambil salah satu produk dengan konversi kuantitas terbesar yaitu Minuman Enak.

Sehingga, batas pembeliannya adalah = 149 Krt * 12 Pcs = 1.788 Pcs.

Questions???

  • Pertanyaan 1: Kenapa konversi tidak dari unit produk yang terkecil? Jawab: Karena jika dikonversi ke produk unit yang paling kecil, akan menimbulkan beberapa item tidak mendapat promo yang seharusnya dapat promo. Karena promo yang diperoleh bergantung pada batas limit kriteria promonya. Sehingga yang paling sesuai di-applied dari produk yang unit konversi kuantitasnya paling besar.

  • Pertanyaan 2: Dari produk Minuman Enak memiliki konversi 1/12 (Pcs/Krt) dan produk Sabun Cair memiliki konversi 1/10 (Pcs/Krt). Jika kriteria promonya diganti dengan unit “Pcs” produk dengan unit konversi mana yang akan diambil? Jawab: Untuk saat ini akan tetap mengambil produk konversi dari Minuman Enak karena memiliki unit konersi terbesar yaitu 12 Pcs.

Krt = 10 pcs

Krt = 12 pcs

Group Promo Strata/Bertingkat

Promo dengan Kuantitas Unit Produk Berbeda

💻
🚀
Strata A : Prioritas 3
Strata B : Prioritas 3
Hasil
Page cover image